Info

  • Kategori
  • Blog
  • Promo
  • Tips
  • Kategori
  • Arsip 

Cara Memulai Bisnis Jastip

Minggu, 27 Januari 2019

Beragam jenis usaha bermunculan dengan memanfaatkan akses internet. Salah satu usaha yang dimaksud adalah bisnis jastip atau jasa titip. Bisnis ini dijalankan dengan menetapkan tarif untuk layanan penitipan belanja sebuah produk. Menariknya, bisnis ini merupakan tipe usaha yang dapat dijalankan tanpa memerlukan modal besar.

Untuk menjalankan bisnis jastip, kamu hanya perlu meluangkan sedikit waktu dan paket internet. Kamu pun dapat memilih beragam opsi barang yang bisa ditawarkan. Dari sekian banyak barang, produk perawatan kulit, tas, kosmetik, pakaian, mainan anak, ataupun peralatan rumah tangga merupakan produk yang cukup banyak dicari.

Potensi dari bisnis ini juga sangat besar. Apalagi, ketika kamu menjalankan usaha ini dengan serius. Kamu tak hanya menawarkan jasa titip lewat akun Instagram, tetapi juga lewat website selayaknya toko online. Keuntungan yang bisa kamu peroleh, disesuaikan dengan harga dari produk yang dipesan. Semakin mahal harga sebuah produk, semakin tinggi pula tarif yang bisa kamu patok.

Tips dalam Memulai Bisnis Jastip

“Any time is good time to start a company”

            Ron Conway

Tak butuh waktu spesial untuk mendirikan bisnis jastip. Kamu bisa melakukan usaha ini secepatnya. Hanya saja, kamu tak boleh terburu-buru dalam memulai usaha ini. Ada tahapan-tahapan serta tips yang harus dilakukan, yakni:

  1. Riset pasar

Tahapan pertama yang wajib kamu lakukan dalam memulai bisnis jastip adalah dengan melakukan riset pasar terlebih dulu. Hal ini perlu kamu lakukan untuk mengetahui produk yang sesuai dengan target pasar.

Di waktu yang sama, kamu juga harus memperhatikan lokasi belanja produk. Usahakan untuk mencari tempat belanja yang mudah dijangkau, punya opsi produk yang beragam, serta harga yang murah.

  1. Lakukan promosi

Tahapan selanjutnya dalam memulai bisnis jastip adalah dengan melakukan promosi. Untuk melakukan promosi secara efektif, kamu harus mulai belajar tentang pemasaran di dunia internet. Kamu perlu menerapkan pemakaian tanda pagar (hashtag) yang tepat, foto yang bagus, dan kalau memungkinkan, tak ada salahnya pula untuk memanfaatkan layanan iklan di Facebook ataupun Instagram.

  1. Pelajari skema bisnis jastip

Apapun usaha yang dijalankan, kamu harus mengetahui skema dalam pengerjaannya secara menyeluruh, termasuk di antaranya adalah bisnis jastip. Secara umum, skema kerja yang perlu diterapkan ketika menjalankan usaha ini adalah:

  • Unggah foto. Pada tahapan ini, kamu perlu mengambil foto secara langsung produk yang ditawarkan. Biar fotonya terlihat bagus, usahakan memotret dengan kamera yang bagus. Perhatikan pula pencahayaannya.
  • Setelah mengunggah foto, kamu tinggal menunggu pesanan yang masuk.
  • Setiap pemesanan yang ada, kamu dapat melakukan perhitungan biayanya secara langsung. Biaya ini mencakup harga barang, tarif jastip, serta ongkos kirim. Biar tak terlalu memberatkan, kamu bisa meminta biaya tersebut dibayar secara penuh di depan.
  • Ketika biaya telah dikirim oleh konsumen, kamu dapat memprosesnya secara langsung, melakukan pembelian barang dan memaketkannya ke alamat konsumen.
  1. Gunakan layanan pengiriman yang tepercaya

Untuk melakukan pengiriman barang ke konsumen, kamu tak bisa memilih secara acak. Kamu harus memperhatikan kualitas pelayanan. Jangan sampai produk pesanan konsumen tak kunjung diterima karena pelayanan buruk dari perusahaan pengiriman. Selain itu, perhatikan pula tarif pengiriman yang tak memberatkan konsumen.

Terkait hal yang satu ini, kamu dapat menentukan pilihan pada layanan yang diberikan oleh Wahana Express. #NggakPerluMahal ketika menggunakan layanan Wahana Express. Proses pengiriman juga dapat dimonitor dengan mudah, lewat situs resmi ataupun aplikasi Wahana.

  1. Berikan pelayanan ekstra

Setelah transaksi sukses dan barang telah sampai ke tangan pelanggan, kamu tak boleh berhenti. Sebagai gantinya, kamu dapat memberikan pelayanan ekstra kepada konsumen. Pelayanan ekstra ini bertujuan agar pelanggan merasa mendapatkan perlakuan spesial.

Lalu, pelayanan spesial seperti apa yang bisa kamu berikan? Pilihan pelayanan ekstra ini bisa cukup beragam. Kamu bisa saja memberikan informasi ketika ada diskon produk tertentu. Selain itu, pelayanan ekstra ini juga bisa kamu lakukan dengan menginformasikan barang pesanan secara menyeluruh, termasuk kekurangan dan kelebihannya.

Itulah tips yang bisa kamu terapkan kalau ingin menjalankan bisnis jastip. Yuk, memulai langkah menjadi pengusaha!

 

Bagikan

Info Terkait

Cara Mengirim Paket dengan Aman dan Antirusak

Cara Mengirim Paket dengan Aman dan Antirusak

Ingin tahu rahasia cara mengirim paket dengan aman dan antirusak? Dengan cara ini, dijamin paket bakal diterima konsumen dalam kondisi utuh.

Lebih Lanjut
Hindari Penipuan Online Shop dengan 5 Langkah Jitu Berikut Ini

Hindari Penipuan Online Shop dengan 5 Langkah Jitu Berikut Ini

Hati-hati, hindari penipuan online shop dengan 5 langkah jitu berikut ini.

Lebih Lanjut
Biaya Hidup Mahal? Ikuti Cara Mengatur Pengeluaran Bulanan Berikut Ini

Biaya Hidup Mahal? Ikuti Cara Mengatur Pengeluaran Bulanan Berikut Ini

Sering merasa biaya hidup mahal? Bisa jadi ada yang salah dengan caramu mengatur keuangan. Simak cara mengatur pengeluaran bulanan dengan bijak berikut...

Lebih Lanjut