Info

  • Kategori
  • Blog
  • Promo
  • Tips
  • Kategori
  • Arsip 

Cara Mengirim Paket dengan Aman dan Antirusak

Minggu, 27 Januari 2019

Pengetahuan tentang cara mengirim paket dengan aman dan antirusak wajib diketahui oleh para pemilik toko online. Dengan metode pengiriman paket yang tepat, kepuasan pelanggan pun bisa terjaga. Apalagi, berdasarkan data dari Yayasan Lembaga Konsumen Indonesia (YLKI), pengaduan terbanyak yang diajukan para konsumen adalah terkait belanja online.

Dari total sebanyak 642 pengaduan, 16% di antaranya adalah pengaduan terkait belanja online. Jenis komplain yang diajukan oleh para konsumen terkait belanja online pun sangat beragam. Ada pelanggan yang mengaku kalau barang pesanan belum diterima, ada cacat produk, adanya dugaan penipuan, serta lambatnya proses pengiriman barang.

Mendapatkan pengaduan yang tak mengenakkan tentu sangat merugikan bagi seorang pemilik toko online. Pengetahuan tentang cara mengirim paket yang aman, bisa mengurangi jumlah komplain tersebut. Apalagi, ketika kamu menawarkan produk yang gampang pecah lewat internet.

Tips Cara Mengirim Paket yang Aman dan Antirusak

Ada beberapa cara yang harus kamu lakukan agar barang yang dikirimkan ke pelanggan bisa sampai dengan aman, yakni:

1. Gunakan perlindungan berlapis

Tips pertama yang harus kamu lakukan dalam cara mengirim paket dengan aman dan antirusak adalah dengan memberikan perlindungan berlapis. Selain itu, bahan pembungkus yang dipakai juga harus memiliki ketahanan tinggi, tak mudah rusak ataupun sobek.

Perlindungan berlapis yang bisa kamu lakukan dengan menggunakan bubble wrap yang kemudian dilanjutkan dengan pemakaian karton. Bubble wrap bisa kamu dapatkan dengan harga yang cukup murah, bisa pula dibeli secara online. Sementara itu, pembungkus bagian luar bisa dilakukan memakai karton bekas.

Selain itu, pastikan bahwa tidak ada celah pada kotak pembungkus bisa membuat barang mudah goyang saat dalam proses pengiriman. Sebagai solusinya, kamu bisa menutupi celah-celah tersebut dengan koran bekas atau styrofoam.

2. Pertimbangkan untuk memakai packing kayu

Selain menggunakan perlindungan berlapis bubble wrap dan karton, kamu juga dapat mempertimbangkan untuk memakai packing kayu. Cara mengirim paket dengan packing kayu bisa kamu lakukan untuk produk yang memang benar-benar rentan rusak ataupun pecah.

Dibandingkan dengan pembungkus karton, packing kayu memang lebih menyulitkan. Namun, terkadang pihak perusahaan ekspedisi menyediakan layanan pembuatan packing kayu yang bisa kamu manfaatkan.

3. Jangan lupa untuk menempelkan stiker peringatan

Kamu memang sudah membungkus paket dengan rapi, baik menggunakan perlindungan berlapis ataupun packing kayu. Namun, perlindungan tersebut masih belum cukup. Kamu juga harus melengkapi paket pengiriman dengan stiker peringatan yang menginformasikan bahwa barang di dalam paket merupakan barang yang rawan rusak akibat goncangan atau barang pecah belah.

Terkait stiker peringatan ini, kamu bisa pula menyontek pesan lucu yang banyak bertebaran di internet. Sebagai contoh, kamu bisa saja menuliskan pesan, “Hati mudah patah, jangan dibanting. Apalagi di-PHP” dengan disertai gambar hati dengan retakan pada bagian tengahnya. Melihat pesan seperti ini, petugas jasa pengiriman bakal tersenyum dan akan memperlakukan paketmu secara hati-hati.

4. Pilih jasa pengiriman barang yang tepercaya

Setelah membungkus paket secara rapi dan menempelkan stiker peringatan sekaligus alamat tujuan, kamu juga harus memastikan untuk memakai jasa pengiriman paket yang tepercaya dan nggak perlu mahal. Terdapat banyak opsi jasa pengiriman yang bisa kamu gunakan di era serba online seperti sekarang.

Dari sekian banyak pilihan, Wahana Express yang hadir dengan wajah baru bisa jadi pertimbangan utama. Wahana Express menghadirkan layanan pengiriman barang yang berkualitas dengan tarif terjangkau. Apalagi, jangkauan pengiriman paket menggunakan Wahana Express juga sangat luas.

Kamu bisa memanfaatkan Wahana Express untuk pengiriman paket ke berbagai kota di tanah air, mulai dari Aceh sampai Papua. Selain itu, Wahana Express juga punya layanan pengiriman murah dengan tujuan Singapura. Lewat Wahana Express, pengiriman paket bakal dilakukan secara lancar dan bisa diterima konsumen dengan utuh tanpa ada kerusakan.

Pesan Personal Kepada Konsumen Bisa Jadi Pelayanan Ekstra yang Menarik

Selain memperhatikan cara mengirim paket dengan aman dan antirusak, tak ada salahnya kalau kamu memberi perhatian lebih kepada konsumen. Salah satu cara yang bisa kamu lakukan adalah dengan memberi pesan secara personal pada paket. Pesan personal itu bisa kutipan bijak ataupun kata mutiara.

Lewat pesan personal itu, pelanggan bakal merasa memperoleh perlakuan spesial dari kamu. Hal ini pun bakal memberikan kesan yang mendalam kepada mereka. Apalagi, kalau barang pesanan bisa sampai dengan kondisi utuh tanpa kerusakan apapun. Jeff Bezos selaku pendiri Amazon pernah berkata,“If you build a great experience, customers tel each other about that. Word of mouth is very powerful.” Sukses, ya!

 

Bagikan

Info Terkait

Tips Belanja Online Tanpa Takut Boros

Tips Belanja Online Tanpa Takut Boros

Ingin belanja online tapi takut boros? Simak beberapa tips berikut ini ketika akan berbelanja online.

Lebih Lanjut
Raih Untung dengan Usaha Online Tanpa Modal

Raih Untung dengan Usaha Online Tanpa Modal

Ingin tahu cara menjalankan bisnis online yang gampang? Bahkan, kamu bisa melakukan usaha online tanpa modal lho!

Lebih Lanjut
Biaya Hidup Mahal? Ikuti Cara Mengatur Pengeluaran Bulanan Berikut Ini

Biaya Hidup Mahal? Ikuti Cara Mengatur Pengeluaran Bulanan Berikut Ini

Sering merasa biaya hidup mahal? Bisa jadi ada yang salah dengan caramu mengatur keuangan. Simak cara mengatur pengeluaran bulanan dengan bijak berikut...

Lebih Lanjut