Info

  • Kategori
  • Blog
  • Promo
  • Tips
  • Kategori
  • Arsip 

Tips Belanja Online Tanpa Takut Boros

Minggu, 27 Januari 2019

Di era digital sekarang ini, belanja online telah menjadi satu rutinitas yang sering dilakukan sehari-hari. Dengan proses yang mudah, pilihan barang yang beragam, serta banyaknya penawaran diskon menarik menjadi beberapa alasan mengapa belanja online disukai banyak orang.

Meski begitu, godaan belanja online menjadi hal yang patut diwaspadai. Pasalnya, dengan segala kemudahan yang ditawarkan, kegiatan ini bisa memicumu untuk berperilaku boros dan menghamburkan-hamburkan uang untuk barang yang sebenarnya tidak diperlukan.

Ingat pesan Mark W Boyer, “Orang yang dapat mengendalikan arus kas adalah orang yang memiliki kekuatan.” Agar tidak boros, coba terapkan beberapa tips belanja online berikut ini:

1. Hindari Belanja Tanpa Rencana

Tips pertama yang harus kamu perhatikan agar tidak boros saat belanja online adalah menghindari belanja tanpa rencana. Belanja tanpa rencana bisa menjadi musibah bagi keuangan, dan hal ini sering terjadi ketika berbelanja secara online. Karena tergiur oleh promo yang ditawarkan oleh toko online, tahu-tahu kamu sudah menghabiskan banyak uang untuk membeli barang yang sebenarnya tidak kamu perlukan.

Oleh sebab itu, hindari belanja secara spontan dan tanpa rencana. Kurangi juga melihat website toko online agar kamu tidak tertarik untuk membeli barang yang mereka iklankan. Ketika memiliki waktu senggang, lebih baik lakukan hal-hal lainnya yang lebih bermanfaat dan menyenangkan daripada melihat-lihat website toko online.

2. Pintar-Pintar Memanfaatkan Sale

Memanfaatkan momen diskon yang ditawarkan toko online bisa menjadi salah satu cara untuk menghemat pengeluaran. Namun hati-hati, diskon besar-besaran seperti Harbolnas (Hari Belanja Online Nasional), midnight sale, end of season sale, atau end year sale biasanya akan lebih memuat banyak orang kalap berbelanja. Bukannya menghemat, tabungan malah jadi semakin menipis karena terpancing diskon.

Oleh sebab itu, memanfaatkan sale dengan cerdas penting untuk menghindari pemborosan saat momen diskon tiba. Dalam hal ini, salah satu cara yang bisa kamu lakukan adalah dengan menentukan anggaran belanja dan membuat daftar barang apa saja yang ingin dibeli. Selain itu, kamu juga bisa memanfaatkan fitur wish list yang disediakan oleh toko online agar tidak jalan-jalan ke halaman lain dan membeli barang yang tidak diperlukan.

3. Pilih-Pilih Promosi yang Ditawarkan

Promosi merupakan salah satu godaan terbesar untuk belanja online. Pada dasarnya, tidak ada salahnya kamu menerima promosi dari toko online lewat email marketing atau follow akun resminya, selama kamu bisa memilih serta menyesuaikan promosi yang ditawarkan dengan pembelanjaan yang diperlukan. Namun apabila hal ini terus mengganggu dan membuatmu tidak bisa berhenti belanja online, untuk sementara waktu sebaiknya unfollow akun-akun toko online dan unsubscribed email newsletter.

4. Cek Rating dan Penilaian

Rating dan review merupakan dua hal penting yang harus diperhatikan saat berbelanja online. Dengan memperhatikan kedua hal tersebut, kamu akan tahu apakah penjual memang tepercaya dan barang yang dijual sesuai dengan deskripsi yang dituliskan. Apabila ada banyak pelanggan yang memberikan penilaian buruk, lebih baik urungkan niatmu untuk membeli di toko tersebut.

5. Buat dan Patuhi Daftar Belanja

Apabila kamu dalah tipe orang yang suka kalap ketika berbelanja, maka sebaiknya buat daftar belanja terlebih dahulu sebelum mulai berbelanja. Tulis barang-barang yang memang kamu perlukan dalam daftar. Lalu, sesuaikan daftar tersebut dengan kondisi keuangan atau aggaran agar nantinya kamu tidak mengalami masalah keuangan setelah belanja online.

Apabila daftar belanjaan yang kamu buat melebihan anggaran, kamu bisa mengevaluasi kembali daftar tersebut dan mengurai barang-barang yang keberadaannya masih bisa ditunda. Ingat, belanjalah sesuai dengan kebutuhan, bukan keinginan.

Ketika berbelanja, pastikan juga untuk mematuhi daftar belanjaan yang dibuat dan jangan membeli barang yang tidak ada pada daftar. Semurah atau sebesar apapun diskon yang ditawarkan, tetap kendalikan dirimu agar tidak terpikat.

6. Pilih Kurir dengan Biaya Hemat

Tips belanja online lainnya agar tetap hemat adalah dengan memilih kurir yang menawarkan layanan dengan harga terjangkau. Apalagi jika kamu sering belanja dalam jumlah yang banyak, biaya ongkos kirim yang perlu kamu keluarkan tentu juga akan lebih mahal.

Dalam hal ini, Wahana Express bisa menjadi salah satu jasa ekspedisi yang patut dipertimbangkan. Dengan layanan pengiriman barang yang berkualitas dan tarif yang terjangkau, Wahana Express siap mengantarkan barang dari toko online sampai ke depan rumahmu dengan aman.

Nah, demikianlah beberapa tips belanja online yang bisa kamu coba agar tidak boros. Selamat berbelanja!

 

Bagikan

Info Terkait

Punya Online Shop? Berikut Tips Sukses Jualan Online

Punya Online Shop? Berikut Tips Sukses Jualan Online

Semua orang bisa meraih kesuksesan dalam berbisnis online. Ingin tahu rahasianya? Simak nih, tips sukses jualan online dengan omzet ratusan juta!

Lebih Lanjut
Cara Memulai Bisnis Jastip

Cara Memulai Bisnis Jastip

Bisnis jastip atau jasa titip bisa dijalankan dengan mudah. Potensi omzet yang bisa kamu peroleh dari usaha ini juga sangat besar, bisa mencapai puluhan...

Lebih Lanjut
Beri Kejutan untuk Orang Tersayang dengan Kirim Paket Ini

Beri Kejutan untuk Orang Tersayang dengan Kirim Paket Ini

Bingung memberi kejutan untuk orang tersayang? Kirim paket ini bisa menjadi jawabannya.

Lebih Lanjut